RAKOR PENGHAPUSAN ASSET PTPN-III DAN PTPN-IV YANG SAAT INI DIGUNAKAN POLRES SIMALUNGUN RAKOR PENGHAPUSAN ASSET PTPN-III DAN PTPN-IV YANG SAAT INI DIGUNAKAN POLRES SIMALUNGUN
polressimalungun. Dalam hal pelayanan masyarakat, sesuai Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara... RAKOR PENGHAPUSAN ASSET PTPN-III DAN PTPN-IV YANG SAAT INI DIGUNAKAN POLRES SIMALUNGUN

polressimalungun. Dalam hal pelayanan masyarakat, sesuai Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor : PER-02 / MBU / 2010 tanggal 23 Juli 2010 tentang tata cara penghapusan buku dan pemindahtanganan aktiva tetap badan usaha milik negara dan sesuai Surat Undangan Kapolres Simalungun ke beberapa instansi terkait nomor : B / 24 / I / 2019, Polres Simalungun menggelar Rapat Koordinasi penghapusan Asset PTPN III dan PTPN IV yang saat ini digunakan Polres Simalungun. Kamis (10/1/2019) pukul 11.00 WIB di Aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun.

Kapolres Simalungun AKBP M. LIBERTY PANJAITAN, S.I.K., M.H. memimpin langsung Rakor tersebut yang dimulai pembukaan oleh protokol. Koreksi oleh Kapolres Simalungun bahwa pokok pembahasan bukan pelepasan asset namun penghapusbukuan asset PTPN III dan PTPN IV yang memang sudah diberikan kepada pihak TNI/Polri, Pemkab dan pihak terkait untuk diajukan kepada Holding PTPN III yang membawahi PTPN I s/d PTPN XIV.

Bupati Simalungun yang diwakili Kabag Pertanahan Ramadhan Damanik dalam sambutannya menjelaskan masih banyak fasilitas umum dan sosial yang ada di Kab. Simalungun belum dihapusbukukan dari daftar asset PTPN III dan PTPN IV akan tetapi sudah dilepas kepada pihak terkait dan diharapkan agar masing-masing Camat mendatakan fasilitas umum dan fasilitas sosial serta menyerahkannya kepada Pemkab Simalungun.

Selanjutnya Humas PTPN III (Jefri Karokaro) dalam rakor tersebut menjelaskan telah berkoordinasi tentang asset yang ada di Polsek Bangun dan siap menghapus asset tersebut dari daftar asset PTPN III.

Kasubag Hukum dan Pertanahan PTPN IV (Rizky Alifi) juga menjelaskan siap mendukung sesuai ketentuan yang ada untuk percepatan penghapusan asset PTPN IV dan berharap dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

Dalam hal ini, Kakan BPN Simalungun (Edward Hutabarat) juga memberikan beberapa hal yakni rapat ini bertujuan untuk kebaikan bagi PTPN III dan PTPN IV dimana ada asset – asset yang sudah dikuasai oleh TNI/Polri, Pemkab dan pihak terkait dan sudah dilepas dari HGU namun masih terdaftar dalam asset PTPN.
Asset adalah tanah beserta apa yang ada diatasnya

Untuk itu perlu membentuk team khusus terdiri dari perwakilan masing – masing pihak (Pemkab Simalungun, Polres Simalungun, PTPN III, PTPN IV dan BPN) dan kompulir data asset untuk penghapusbukuan dari asset PTPN III dan PTPN IV “Agar dilakukan rapat sekali lagi secara khusus dengan menghadirkan pihak – pihak yang berkompeten dalam penghapusan asset.” ucap Kakan BPN Simalungun.

Bahwa sertifikasi tidak serta merta namun ada surat keputusan yang menyatakan bahwa asset tersebut telah dihapus dari daftar asset yang dikelola oleh PTPN/Pemkab. Agar pihak Polres dan Kecamatan segera lakukan inventarisasi lahan yang digunakan namun masih berada dalam asset PTPN III/ PTPN IV dan Pemkab demi tercapainya tujuan kesejahteraan masyarakat dan tertib administrasi Pemkab/ Polres Simalungun. Tambah Kakan BPN Simalungun.

Kapolres Simalungun AKBP M. LIBERTY PANJAITAN, S.I.K.,M.H. dalam sambutannya mengingatkan kepada Camat dan Lurah/Kepala Desa untuk tidak sembarangan menerbitkan SKHT. Ada 3 lokasi milik Polri namun diterbitkan SKHT oleh Camat yaitu di Kecamatan Tanah Jawa, Kecamatan Serbelawan dan Kecamatan Bangun. Oleh karenanya jangan ada pembiaran berkaitan dengan asset milik Polri yang diterbitkan SKHT kepada pihak – pihak tertentu.

” Sepelik apapun menyangkut masalah tanah bisa dilihat historisnya/asal-usulnya dan itu mudah untuk ditelusuri. ” Apa yang kita lakukan ini supaya tepat secara yuridis maupun defakto dalam hal legelitas kepemilikan asset tersebut. imbuh Kapolres.

Staf BPN Taufik Efendi menjelaskan bahwa pihak PTPN III dan PTPN IV sebenarnya sudah memiliki terkait asset yang sudah dilepas namun belum dihapusbukukan dari daftar asset yang di garap oleh masyarakat, kantor Polisi sebagaimana dalam peta yang ada di Dolok Hilir Kecamatan Dolok Batu Nanggar (sambil memperlihatkan contoh peta). Sehingga perlu melakukan inventarisasi siapa yang menguasai lahan dan peruntukannya secara baik dan benar agar tidak salah dalam penerbitan sertifikat.

Sejahtera Sitepu (Kasi KPKNL) menyambut baik apa yang dilakukan Polres Simalungun untuk mengsertifikatkan tanah Polri menjadi milik Pemerintah dan menjelaskan bahwa tanah yang diserahkan PTPN III pada tahun 1973 untuk Polsek Bangun penyerahannya secara bersama – sama dengan TNI dan Puskesmas dan akan dibuat usulan kepada Holding PTPN III yang mencakup PTPN I s/d PTPN XIV.

Usai Istirahat, sholat dan makan siang pada pukul 13.30 wib acara dilanjutkan dengan pembulatan oleh Kapolres Simalungun selaku pimpinan rapat, bahwa hasil dari tiga kali pertemuan yang telah dilakukan maka diharapkan segera dibentuk tim khusus terdiri dari Kabag Pertanahan Pemkab Simalungun, Kabag Humas PTPN III Jefrizal S. Karokaro, Kasubagsarpras Polres Simalungun, Legal PTPN IV (tim hukum PTPN IV), Kapolsek Tanah Jawa, Kapolsek Bangun, Kapolsek Bosar Maligas, Kapolsek Serbelawan dan Kapolsek Tiga Balata, dengan mengikut sertakan Camatnya.

Diharapkan 15 hari kedepan dari pertemuan ini tim khusus sudah terbentuk dan sudah ada hasilnya. tepatnya pukul 14.15 wib rapat koodinasi selesai dan dilanjutkan dengan photo bersama.

Turut hadir dalam rakor tersebut Bupati Simalungun diwakili oleh Kabag Pertanahan Ramadhan Damanik, Kakan BPN Edward Hutabarat dengan peserta rakor Kabagren Polres Simalungun Kompol Drs. N. Panjaitan, Kabagsumda Polres Simalungun Kompol K. Manurung, Kapolsekta Tanah Jawa Kompol H. Panggabean, SH, Kasi IP BPN Taufik Efendi, Kasi KPKNL Sejahtera Sitepu, Kasubag Hukum dan pertanahan PTPN IV Rizky Alifi, Asisten SDM PTPN IV Junaidi Abdillah, Staf Legal PTPN IV Harri S Hutagalung, Humas PTPN III Jefrijal S karokaro, Kasat Intelkam Polres Simalungun AKP Gering Damanik, SH, Kasubag Sarpras AKP K. Samosir, SH, Kapolsek Bangun AKP Putra Jani Purba, Kapolsek Balata AKP Irsol, Kapolsek Serbelawan AKP L. Siregar, Kapolsek Purba AKP Poltak Simatupang.

Camat Jawa Maraja Bah Jambi Bahrum Harahap SH, MH, Camat Huta Bayu Raja Marsinta Sinaga, Camat Gunung Malela Jayamin Sipayung, Camat Siantar Daniel H Silalahi, Camat Jorlang Hataran Tohap Manurung dan Camat Hatonduhan Mariaman Samosir, SH.

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *