Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K.,M.Si., Turun Langsung Pengamanan Perkara Lahan Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K.,M.Si., Turun Langsung Pengamanan Perkara Lahan
polressimalungun. Dalam Pengamanan pelaksanaan Pencocokan dan Pengukuran Objek Perkara lahan seluas 105,27 hektar, sesuai Surat dari Ketua Pengadilan Negeri Simalungun nomor W2.U16/ 4736 /... Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K.,M.Si., Turun Langsung Pengamanan Perkara Lahan

polressimalungun. Dalam Pengamanan pelaksanaan Pencocokan dan Pengukuran Objek Perkara lahan seluas 105,27 hektar, sesuai Surat dari Ketua Pengadilan Negeri Simalungun nomor W2.U16/ 4736 / HT.04.10/ X / 2019, tanggal 14 Oktober 2019, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu S.I.K, M.Si Pimpin Apel Kesiapan. Selasa (22/10/2019), sekira Pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai.

Pada pelaksanaan apel kesiapan turut dihadiri oleh Panitera beserta Juru Sita Pengadilan Negeri Simalungun, Seksi Pengukuran Kantor BPN Provinsi Sumatera Utara, Personil Den Pom Pematang Siantar, serta diikuti Wakapolres, Kabag Ops, Kapolsek Tanah Jawa, Kasat Intelkam, dan personil pengamanan sebanyak 270 Personil.


Usai apel persiapan yang dilaksanakan di Kantor Polsek Kota Tanah Jawa, Pengamanan pelaksanaan Pencocokan dan Pengukuran Objek Perkara lahan seluas 105,27 hektar, dibagi dengan 4 Tim guna menentukan 39 titik batas patok lahan dan selanjutnya BPN melakukan pengukuran keseluruhan areal HGU PTPN IV Kebun Balimbingan seluas 2.970 hektar, yang berlokasi di areal HGU PTPN IV Kebun Balimbingan di Dusun IV Pandawa Lima Nagori Bah Kisat Kec Tanah Jawa Kabupaten Simalungun.


Pada pelaksanaannya, pencocokan dan pengukuran Objek Perkara tersebut diawali dengan pembacaan Surat Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Simalungun nomor : 9 / Pdt.G / 1997 / PN – Simalungun, oleh Robin Nainggolan, S.H.,M.H., selaku Panitera PN Simalungun dihadapan Kuasa para Tergugat / masyarakat penggarap yang berdomisili di objek perkara dan Kuasa Hukum PTPN IV selaku pihak Penggugat / Pemohon serta disaksikan Kapolres Simalungun, Camat Tanah Jawa dan Pangulu Bah Kisat.

Setelah pembacaan Surat Penetapan Ketua PN Simalungun, dilanjutkan dengan penentuan titik 0 dan pengukuran objek perkara oleh BPN Provinsi Sumatra Utara yang dibentuk menjadi 2 tim dengan menggunakan alat Global Positioning System (GPS) Geodetik Chci 50 dan dikawal oleh Personil Polres Simalungun.

Dari hasil Pengukuran yang dilakukan oleh BPN Provinsi Sumut terhadap objek perkara seluas 105,27 hektar, ditentukan 39 titik batas patok lahan dan selanjutnya BPN melakukan pengukuran keseluruhan areal HGU PTPN IV Kebun Balimbingan seluas 2.970 hektar.

Selesai Pencocokan dan Pengukuran Objek Perkara dilaksanakan selanjutnya hasil pelaksanaannya dituangkan ke dalam Berita Acara Pencocokan dan Pengukuran Objek Perkara nomor : 9 / Pdt.G / 1997 / PN – Simalungun tanggal 22 Oktober 2019.

Dalam perkara ini Objek Perkara adalah lahan seluas 105,27 hektar merupakan bahagian yang tidak terpisahkan dari HGU PTPN IV Kebun Balimbingan seluas 2.970 hektar, yang telah berkekuatan hukum tetap ( Inkrach Van Gewijsde ) Putusan Pengadilan Negeri Simalungun nomor : 09 / PDT / G / 1997 / PN- Simalungun, Putusan Pengadilan Tinggi Medan nomor : 401 / PDT / 1998 / PT – Medan, Putusan Mahkamah Agung RI nomor : 24 / Pdt / 2000.

Berdasarkan amar putusan perkara perdata tersebut bahwa Objek perkara merupakan bagian dari HGU PTPN IV Kebun Balimbingan, namun putusan tersebut masih banci dan objek perkara tidak dapat dieksekusi ( Non Eksekutable ) karena tidak disertakan dengan batas-batas lahan HGU.


Pencocokan dan Pengukuran Objek perkara dilaksanakan guna memastikan objek perkara tersebut merupakan bahagian dari HGU PTPN IV Kebun Balimbingan serta dapat menentukan batas batas areal HGU sehingga pelaksanaan Eksekusi dapat dilaksanakan sesuai amar putusan perkara perdata tersebut.

Sebanyak 270 personil diturunkan saat pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun. Rangkaian pelaksanaan Pencocokan selanjutnya diakhiri dengan Apel konsolidasi yang dipimpin oleh Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K., M.Si., berlangsung aman dan kondusif.

***hms/bagops/sml***

admin