SAT RESNARKOBA POLRES SIMALUNGUN KEMBALI UNGKAP JARINGAN NARKOTIKA SAT RESNARKOBA POLRES SIMALUNGUN KEMBALI UNGKAP JARINGAN NARKOTIKA
polressimalungun-Jajaran Sat Resnarkoba Polres Simalungun yang dipimpin Kasat Resnarkoba AKP MS. Ritonga, SH kembali ungkap jaringan Narkotika dari 3 lokasi berbeda.   Dari seluruh... SAT RESNARKOBA POLRES SIMALUNGUN KEMBALI UNGKAP JARINGAN NARKOTIKA

polressimalungun-Jajaran Sat Resnarkoba Polres Simalungun yang dipimpin Kasat Resnarkoba AKP MS. Ritonga, SH kembali ungkap jaringan Narkotika dari 3 lokasi berbeda.

 

Dari seluruh rangkaian pengungkapan yang dilakukan, diamankan 4 terduga pelakunya, yakni Sapta Utamy Damanik alias Sapta (33), Wiraswasta, Warga Jalan Besar Siantar-Sidamanik Kelurahan Baliran Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun, Indra Derita Silalahi alias Pak Bob (52), Supir, Warga Jalan Besar Siantar-Sidamanik Kelurahan Tong Marimbun Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematangsiantar, Jindonal Damanik (38), Petani, Warga Simarimbun Huta Keong Kelurahan Tong Marimbun Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematangsiantar dan Ronald Andes Tasir Leleu alias Ronal alias Tasir (37), Supir, Warga Huta Bahkora 2 Kelurahan Panombean Panei Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun.

 

Kasat Resnarkoba Polres Simalungun AKP MS. Ritonga, SH menerangkan, Rabu (7/2-2018) sekira pukul 15.00 wib, jajarannya menerima informasi bahwa ada seorang laki-laki melakukan Tindak Pidana Narkotika jenis Sabu dengan menjual dan mengkonsumsi di Jalan Besar Siantar-Saribudolok Kelurahan Baliran Kec. Panei Kab. Simalungun.

 

Informasi tersebut ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi dimaksud dan ketika melihat target/ sasaran, petugas langsung menangkap. Dari penggeledahan ditemukan 1 bungkus plastik klip besar di dalamnya berisi 5 bungkus plastik klip kecil diduga berisi Narkotika jenis Sabu dari kantong celananya serta uang sejumlah Rp. 100.000,- serta 1 unit Handphone merk Nokia. Pelakunya mengaku bernama Sapta Utamy Damanik alias Sapta. Ia mengaku mendapat Sabu tersebut dari Pak Bob yang beralamat di Jalan Besar Siantar-Saribudolok Kelurahan Tong Marimbun Kec. Siantar Marihat Kota Pematangsiantar.

 

Pengakuan pelaku itu ditindaklanjuti Unit Opsnal Sat Resnarkoba dengan langsung menuju lokasi dimaksud dan melakukan penggrebekan rumah. Hasilnya, dari dalam kamar diamankan seorang laki-laki dewasa dan dari penggeledahan ditemukan barang bukti berupa 1 bungkus kotak rokok magnum yang di dalamnya berisikan 1 batang rokok yang sudah dilinting diduga dicampur dengan Narkotika jenis Ganja  seberat ± 1.63 gr, 1 unit timbangan digital, 1 unit Handphone merk Stawberry, 1 unit Handphone merk prince dan Uang Rp 350.000.- (diduga hasil penjualan Narkotika jenis Sabu).

 

Kemudian, setelah diinterogasi ia mengaku bernama Indra Derita Silalahi alias Pak Bob. Ia juga mengakui mendapatkan Ganja dari RONAL, Warga Huta Bahkora II Kelurahan Panombeian Panei Kec. Panei Kab. Simalungun. Selain itu, ia juga mengakui bahwa benar ia ada memberikan Sabu kepada Sapta untuk dijual kembali. Saat dilakukan penggeledahan di rumahnya, tidak ditemukan barang bukti berupa Narkotika jenis Sabu dengan alasan sudah habis. Namun timbangan digital untuk menimbang Sabu ada ditemukan di kamarnya.

 

Sementara untuk Narkotika jenis Sabu tersebut diakuinya diperoleh dari laki-laki bernama Bayu warga Jalan Gunung Sibayak Kota Pematangsiantar, namun setelah 4 hari menerima Sabu dari Bayu, ia mendapat kabar bahwa Bayu sudah ditangkap oleh personil Polres Pematangsiantar.

 

Pengembangan kembali dilakukan ke rumah Ronal, terduga pemasok Ganja kepada Pak Bob dan setibanya di lokasi, ditemukan 1 orang melintas dengan mengendarai sepeda motor keluar dari arah rumah yang dicurigai. Setelah diamankan, penggeledahan kembali dilakukan di rumah dan ditemukan 1 bungkus kotak rokok Lucky Strike yang di dalamnya berisikan 1 bungkus kecil kertas nasi warna coklat diduga berisikan Narkotika jenis Ganja seberat ± 1.02 gr dan 1 unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter MX No. Pol.: BK 2438 TX.

 

Pelaku yang diamankan tersebut yakni Jindonal Damanik dan baru membeli Ganja dari Ronal di rumahnya. Selain itu, petugas melihat 2 orang laki-laki sedang duduk-duduk di teras rumah milik Ronal, atas penunjukan Pak Bob. Namun saat hendak digerebek, kedua laki-laki tersebut terlebih dahulu melihat petugas dan berusaha melarikan diri. Namun seorang berhasil diamankan, sementara 1 orang lagi melarikan diri.

 

Penggeledahan kembali dilakukan dari badan maupun rumah miliknya dan ditemukan barang bukti berupa 1 bungkus besar kertas koran yang diduga berisikan narkotika jenis ganja seberat ± 100 gr, 1 buah kotak rokok dari kaleng yang di dalamnya berisi 3 bungkus kecil kertas nasi yang didalamnya diduga berisikan Narkotika jenis Ganja, 1 bungkus kertas tik tak seberat ± 3.43 gr, 1 buah kotak rokok dari kaleng yang di dalamnya berisi 1 bungkus kecil kertas koran yang didalamnya diduga berisikan Narkotika jenis Ganja seberat ± 1.58 gr, 1 unit timbangan besar, 1 buah gunting dan uang sejumlah Rp. 60.000,- (diduga hasil penjualan ganja).

 

Kedua orang yang diamankan tersebut bernama Ronald Andes Tasir Leleu alias Ronal alias Tasir, ia mengakui mendapatkan Ganja tersebut dari seorang bermarga SINAGA, namun ia tidak mengetahui alamat rumahnya dan tidak mengetahui nomor Handphone SINAGA tersebut sehingga sulit untuk melakukan pengembangan. Kemudian terhadap para pelaku dan barang buktinya diamankan ke Polres Simalungun untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

 

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *