Polres Simalungun Tindak Lanjuti Issu Begu Ganjang Polres Simalungun Tindak Lanjuti Issu Begu Ganjang
polressimalungun. Menindak lanjuti Permasalahan Issu Begu Ganjang Yang Terjadi Di Dusun II Nagori Bah Tonang Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun pada hari Jumat (1/11/2019)... Polres Simalungun Tindak Lanjuti Issu Begu Ganjang

polressimalungun. Menindak lanjuti Permasalahan Issu Begu Ganjang Yang Terjadi Di Dusun II Nagori Bah Tonang Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun pada hari Jumat (1/11/2019) sekira pukul 11.00 Wib, bertempat di Polsek Raya Kahean telah dilakukan pertemuan pembahasan issu yang berkembang di Dusun II Nagori Bah Tonang Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun.


Pertemuan tersebut sehubungan pembahasan issu begu ganjang yang sudah 3 hari terkabar di Dusun II Nagori Bah Tonang.

Pertemuan tersebut dihadiri langsung Kasat Intelkam Polres Simalungun AKP Gering Damanik, SH., Kapolsek Raya Kahean Iptu Suit Purba, S.H., M.H., Camat Raya Kahean F. Girsang, Kanit Intelkam Polsek Raya Kahean Ipda ST. Simbolon, Kanit Res Polsek Raya Kahean Bismar Saragih, SH., Pangulu Desa Bah Tonang Ersunawar Saragih, Kasipem Kecamatan Raya Kahean Alismen Damanik dan Trantib Kecamatan Pawaldi Purba.

Usai dilakukan pembahasan di Polsek Raya Kahean, kemudian Kasat Intelkam Polres Simalungun meminta pemerintah setempat untuk melakukan pertemuan dengan masyarakat Dusun II Nagori Bah Tonang di Dusun II Nagori Bah Tonang.

Selanjutnya pada pukul 13.00 wib bertempat di Rumah Ibu Rusmawati Dusun II Nagori Bah Tonang Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun dilakukan pertemuan antara pemerintah setempat dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda dalam pembahasan issu begu ganjang yang berkembang.

Menanggapi issu adanya Begu Ganjang atau hal-hal Gaip di Nagori Bah Tonang, diminta kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi. Mari kita ciptakan suasana yang kondusif dan mengajak masyarakat agar tetap menyikapi situasi dengan tenang dan mari kita sama-sama mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi. Ucap Pangulu dalam sambutannya.


Kapolsek juga turut menyampaikan kepada keluarga Ibu Rokki, rasa turut berduka, dan ikut sedih atas meninggalnya keluarga Ibu Rokki dan menyampaikan kepada masyarakat apa pun yang terjadi, agar selalu dibawa dalam kekeluargaan, Jangan membuat situasi jadi memanas agar masyarakat kita selalu merasa nyaman. Pungkas Kapolsek.

Menyikapi situasi yang terjadi bahwa adanya Isu Begu Ganjang, Kasat Intelkam Polres Simalungun menyampaikan kepada masyarakat agar kuatkan iman, jangan percaya dengan issu begu ganjang. Masyarakat agar tenang, jangan menghakimi dan membuat kewenangan sendiri, serta selalu berkordinasi dengan pihak petugas Kepolisian dan Pemerintahan.

Anggota DPRD Kabupaten Simalungun yang hadir pada pertemuan tersebut menjelaskan bahwa Issu Begu Ganjang ini sudah ada sejak bulan Oktober dimana adanya riak-riak beberapa orang sehingga kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi karena akan merugikan diri sendiri, sebagai umat beragama kita harus percaya kepada Tuhan, kita serahkan semuanya kepada Pihak Kepolisian, jangan melakukan tindakan yang melanggar hukum. Jelas nya.

Berkembangnya issu begu ganjang di Nagori tersebut berawal di Dusun II Nagori Bah Tonang Yang diduga dipelihara oleh (DM) dikarenakan adanya pembicaraan dari LS pada saat sakit dan kesurupan mengatakan ada yang besar sehingga beberapa masyarakat beranggapan bahwa yang dikatakannya itu adalah Begu Ganjang.

Sesuai yang terjadi di Dusun II Nagori Bah Tonang, banyak masyarakat yang kesurupan, dan ada beberapa orang yang meninggal tiba-tiba sehingga masyarakat banyak yang Ketakutan.


Melihat situasi tersebut perlu kiranya Kanit Intel Polsek Raya Kahean dan Bhabinkamtibmas selalu berkordinasi dengan masyarakat Dusun Nagori Bah Tonang serta melakukan penggalangan terhadap masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan tidak melakukan tindakan main hakim sendiri.

Pertemuan tersebut berakhir pada pukul 15.00 wib dalam situasi aman dan Kondusif, serta masyarakat menerima arahan untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum.

***hms/bagops/sml***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *