Polres Simalungun, Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 Polres Simalungun, Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019
Polressimalungun. Dalam Rangka untuk membahas kesiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H di wilayah Kabupaten Simalungun, Polres Simalungun dan masing-masing instansi menggelar Rapat... Polres Simalungun, Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019

Polressimalungun. Dalam Rangka untuk membahas kesiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H di wilayah Kabupaten Simalungun, Polres Simalungun dan masing-masing instansi menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi “ Ketupat Toba “ 2019 di Aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun Pematang Raya. Selasa, (28/5/2019) pukul 11.00 Wib.

Rapat koodinasi tersebut untuk melihat kesiapan masing-masing instansi dalam menghadapi menjelang, pada saat dan setelah hari Raya Idul Fitri 1440 H yang diberi sandi “ Operasi Ketupat Toba 2019 “ yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Mei s/d 10 Juni 2019 ( Selama 13 Hari ) secara serentak di seluruh Indonesia.

Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaitan, S.I.K.,M.H., dalam Sambutannya mengharapkan kepada masing-masing instansi agar mendukung dan mempersiapkan sarana dan prasarana, dan dapat mendukung membantu Polres Simalungun dalam pelaksanaan pengamanan sehingga pelaksanaan perayaan hari Raya Idul Fitri 1440 H diwilayah Kabupaten Simalungun dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Polres Simalungun akan mengadakan atau mendirikan 9 (Sembilan) Pos dengan perincian antara lain 8 (delapan) Pos Pengamanan yakni Pos Pam Jalan Medan-Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok, Pos Pam Sipef Kecamatan Gunung Malela, Pos Pam Perlanaan Kecamatan Bandar, Pos Pam Simpang Tangsi Kecamatan Tanah Jawa, Pos Pam Simpang Palang Kecamatan Dolok Panribuan, Pos Pam Pelabuhan Tiga Ras Kecamatan Dolok Pardamean, Pos Pam Saribu Dolok Kecamatan Silimakuta, Pos Pam Bukit Indah Simarjarunjung Kecamatan Dolok Pardamean dan 1 (satu) Pos Pelayanan yang terletak di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan bolon.

Dimasing-masing Pos Pengamanan tersebut, selain personil Polres Simalungun, akan dibantu oleh personil dari instansi terkait yaitu dari personil POM/KODIM, Personil Brimob Sub Den II Pematang Siantar, Sat Pol PP Kabupaten Simalungun, Dishub Kabupaten Simalungun, Dinkes Kabupaten Simalungun dan Pramuka.


Perayaan Idul Fitri tentunya sudah menjadi tradisi masyarakat khususnya umat Muslim yang merayakan untuk mudik dan saling kunjung kerumah sanak saudara untuk bersilahturahmi, sehingga terjadi peningkatan aktivitas masyarakat yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas, laka lantas, terjadinya tindak pidana khususnya pencurian, perampokan, pembongkaran rumah pada saat ditinggal mudik, meningkatnya kebutuhan pokok masyarakat, meningkatnya kebutuhan BBM, meningkatnya penggunaan arus listrik.

Tentunya hal tersebut harus ada persiapan yang matang dari masing-masing instansi, sehingga tidak akan menimbulkan gejolak ditengah-tengah masyarakat khususnya umat Muslim yang merayakan Idul Fitri 1440 H dapat merayakan dengan aman, tertib, lancar dan penuh hikmat.


Nantinya Pengalihan arus di Kota Wisata Parapat dilakukan dengan situasional ( Stagnan) dan guna pengalihan arus untuk kepentingan masyarakat umum dan selama pelaksaanaan Pengamanan lebaran 1440 H Personil Polres Simalungun tidak diberikan cuti ataupun ijin.

Adapun pelibatan personil Polres Simalungun yang terlibat dalam Operasi Ketupat Toba 2019 sebanyak 454 orang dan instansi terkait yakni TNI 18 orang, Pemadam 15 orang, PU 4 orang, Sat Pol PP 18 orang, Dishub 18 orang, Dinkes 18 orang, dan Pramuka 18 orang.


Kali ini, bagi pemudik apabila mengalami kendala diwilayah hukum Polres Simalungun silahkan menghubungi Kontak Person diantaranya :

1.Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendri ND. Barus, S.H., S.I.K., M.M. (0812 6425 411).
2.Dishub Kabupaten Simalungun Bapak I. Purba (0821 6126 4647).
3.Dinkes Kabupaten Simalungun Dr. Henni Pane (0812 6490 7909).
4.PLN Kabupaten Simalungun Bapak Tomi ( 0812 1899 9429).
5.Pertamina Bapak Yudi ( 0811 7305 035).
6.Bulog Kabupaten Simalungun Bapak Sutrisman (0813 9657 6777).
7.Damkar Kabupaten Simalungun Bapak M. Silalahi (0813 7566 4755).
8.Disperindag Kabupaten Simalungun Bapak A. Silaen (0821 6686 2253).
9.KMP Sumut Tiga Ras Simanindo Bapak M. Simbolon (0821 6003 4588).
10.Dinas PU Kabupaten Simalungun Bapak Malau (0852 6152 1425).
11.Kasat Lantas Polres Pematang Siantar AKP Septian (0811 2992 010).
12.Sat Lantas Polres Samosir Ipda JW Saragih (0813 7002 0001).
13.Camat Parapat (0812 6342 8515).


Nomor Kontak tersebut merupakan nomor handphone pribadi akan tetapi dapat dipergunakan untuk jalur komunikasi dan kordinasi untuk berkolaborasi sebagai informasi di daerah masing-masing dengan fungsi masing-masing yang nantinya dapat memberikan bantuan Operasi berupa pemberian dukungan personel dan peralatan maupun sarana, prasarana, kesehatan, teknologi informasi serta Material logistik guna kelancaran Operasi.

Target Operasi Ketupat yang harus diprioritaskan diantaranya masyarakat yang berbelanja untuk keperluan lebaran, masyarakat yang melakukan takbiran, masyarakat yang melaksanakan kegiatan mudik dan balik, masyarakat yang merayakan Idul Fitri dengan rekreasi, wisata, silaturahmi, sopir, pengemudi angkutan umum, masinis, pilot, kapten kapal, teroris, pelaku kriminalitas, premanisme, residivis, Ormas yang melakukan
sweeping.

Benda berupa Senpi, Amunisi, Handak /
Bom, Sajam, mercon / petasan, kembang api, Miras, Narkoba, makan dan minuman kedaluwarsa, rambu lalu lintas, petunjuk arah, marka jalan, lampu Traffic Light, lampu penerangan jalan, alat transportasi darat, kereta api, laut dan
udara, kendaraan roda 2 s.d.
roda 10 dan dokumen kendaraan.

Beberapa lokasi juga menjadi target yaitu berupa pusat perbelanjaan, pertokoan, pusat penimbunan bahan pokok, pemukiman penduduk yang ditinggal
mudik, Mako dan Asrama Polri, terminal bus, stasiun KA, pelabuhan (ASDP), jalur utama, jalur alternatif, jalur rawan bencana alam, jalur rawan macet, kecelakaan, jalur rawan kriminalitas, perlintasan kereta api tanpa palang
pintu, Tempat untuk Sholat Idul Fitri, pasar tumpah pada jalur mudik / balik, lokasi perbaikan jalan, Tempat rekreasi, merayakan Idul Fitri, rumah makan, warung makanan, SPBU, Depo Pertamina, tempat akomodasi dan penginapan.

Turut hadir dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi “ Ketupat Toba 2019 “ yaitu Bupati Simalungun yang diwakili Kadis Perhubungan Kabupaten Simalungun, Dandim 0207 Simalungun yang diwakili Pasi Ops Kodim 0207 Simalungun, Dandenpom I / I Pematang Siantar, Para SKPD Pemda Simalungun, Para Pimpinan BUMN/ Perusahaan, Para Badan Usaha, Perusahaan Swasta, KMP Sumut I dan II, Pertamina, PLN Pematang Siantar, Polres Pematang Siantar yang diwakili kasat Lantas Polresta Siantar, Sat Lantas Polres Samosir, Para Kabag, Kasat Polres Simalungun dan seluruh Kapolsek Sejajaran Polres Simalungun.

Polres Simalungun bersama stake holder terkait siap melaksanakan pengamanan perayaan Idul Fitri 1440 H di Wilayah Kabupaten Simalungun.

**hms/bagops/sml**

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *