polressimalungun-Polres Simalungun gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral tentang pelaksanaan Operasi LILIN TOBA 2016 dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Rakor...

img_1456

polressimalungun-Polres Simalungun gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral tentang pelaksanaan Operasi LILIN TOBA 2016 dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Rakor diadakan di Gedung Aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun yang dipimpin Wakapolres Simalungun KOMPOL ZAINUDDIN, S.Ag. Selasa (20/12-2016) pukul 09.00 wib.

img_1478 img_1464 img_1463 img_1461

Rakor ini dihadiri sejumlah Unsur SKPD Jajaran Pemda Kabupaten Simalungun antara lain perwakilan dari Dinas  Kesehatan, perwakilan Dinas Perhubungan, Senkom, POM-AD, Sat Brimob, Pertamina dan sejumlah Pejabat Utama Polres Simalungun serta Kapolsek Jajaran.

img_1457

Wakapolres Simalungun secara resmi membuka Rapat Koordinasi ini. Dalam sambutannya, Wakapolres menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini dipandang sangat perlu dan penting dalam rangka menyamakan persepsi terkait pelaksanaan Operasi LILIN TOBA 2016 untuk mengamankan perayaan natal 2016 dan tahun baru 2017. Sekaligus memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas akhir tahun, baik yang akan merayakan Natal serta Tahun Baru maupun yang akan melaksanakan liburan akhir tahun.

Terkait pelaksanaan Operasi LILIN TOBA 2016 ini, Wakapolres Simalungun mengatakan bahwa ada tiga sasaran pengamanan yang perlu dilakukan diantaranya :

ORANG, yang artinya siapa saja warga masyarakat yang akan mengadakan kegiatan Natal dan Tahun Baru maupun yang melaksanakan liburan akhir tahun.

BENDA, adalah semua harta benda, seperti kendaraan, rumah, tempat ibadah seperti masjid dan gereja termasuk tempat rekreasi serta pusat-pusat kegiatan masyarakat maupun tempat keramaian dan pusat perbelanjaan.

KEGIATAN, adalah seluruh rangkaian aktivitas masyarakat saat menuju tempat ibadah ke Masjid ataupun ke Gereja serta tempat rekreasi dengan pengamanan jalur lalu lintas serta pengamanan langsung pada tempat ibadah yang melakukan kegiatan keagamaan.

Polri, dalam hal ini tidak bisa bekerja sendiri dan perlu dukungan, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta seluruh stake holders terkait lainnya. Mengakhiri sambutannya, Wakapolres Simalungun berharap agar pelaksanaan Operasi LILIN TOBA 2016 ini dapat berlangsung dengan aman dan lancar serta terciptanya stabilitas Kamtibmas.

img_1475

img_1476

Sebagai pembuka, Kabag Ops Polres Simalungun KOMPOL EDI B. SINAGA, SH menyampaikan paparan tentang persiapan pengaman Natal dan Tahun Baru, berupa kesiapan personil dan sarana prasarana untuk menunjang pelaksanaan Operasi Kemanusiaan ini. Kabag Ops menjelaskan, bahwa selama pergelaran Ops LILIN TOBA 2016 dilaksanakan dari tanggal 23 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017. Akan disebar personil Polri sebanyak 400 orang dalam melaksanakan pengamanannya.

img_1472

Selanjutnya, paparan dilanjutkan oleh Kaur Bin Ops Sat Intelkam Polres Simalungun IPTU Y. SIREGAR (mewakili Kasat Intelkam Polres Simalungun) yang menjelaskan tentang situasi wilayah Kabupaten Simalungun dalam menjelang Ops LILIN TOBA 2016.

img_1478

Paparan terakhir dari Kasat Lantas Polres Simalungun AKP SONNY HARSONO, S.IK menyampaikan tentang penempatan personil yang akan mengamankan jalur utama di wilayah Kabupaten Simalungun dan juga Kasat Lantas menyampaikan beberapa teknis dan cara bertindak di lapangan untuk mengantisipasi situasi macet total khususnya pada saat arus balik.

img_1487

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *