POLRES SIMALUNGUN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA LONGSOR YANG MENIMBUN JEMBATAN SIDUA – DUA PARAPAT KAB.SIMALUNGUN POLRES SIMALUNGUN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA LONGSOR YANG MENIMBUN JEMBATAN SIDUA – DUA PARAPAT KAB.SIMALUNGUN
polressimalungun. Terjadinya longsor pada hari Selasa (18/12/2018) sekira pukul 11.30 Wib, Longsoran Tanah lumpur dari Bukit hulu sungai menyebabkan Jembatan sebelah kiri tertimbun lumpur... POLRES SIMALUNGUN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA LONGSOR YANG MENIMBUN JEMBATAN SIDUA – DUA PARAPAT KAB.SIMALUNGUN

polressimalungun. Terjadinya longsor pada hari Selasa (18/12/2018) sekira pukul 11.30 Wib, Longsoran Tanah lumpur dari Bukit hulu sungai menyebabkan Jembatan sebelah kiri tertimbun lumpur dan tidak dapat dilalui, dengan kejadian tersebut Satu unit Truck Ekspedisi rusak parah namun korban jiwa nihil.

Sejak pukul 11.45 wib sampai dengan 16.45 Wib penanganan dan pembersihan longsoran dari atas Jembatan dilaksanakan oleh Dua alat Berat yaitu satu unik Beko dan Satu Unit Exavakator dari PT.Bumi Karsa. Pada saat pekerjaan pembersihan dilaksanakan terjadi longsor susulan yang lebih dasyat dan menutup jalan jembatan Sidua – dua sehingga menyebabkan putusnya akses kedua jembatan karena tertimbun lumpur akibat kejadian tersebut satu unit toyota Rush rusak parah diatas jembatan akan tetapi tidak ada korban jiwa.

Pada saat itu belum dilakukan penanganan karena operator alat berat tidak ada yang berani dikarenakan khawatir terjadi longsoran tanah lumpur susulan namun Tiga Unit alat Berat, dua unit ekspakator dan satu unit Beko sudah stand by dilokasi.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan petugas dari Polsek Parapat dan dari Sat Lantas Polres Simalungun melakukan pengamanan dan pengaturan baik dilokasi maupun di Simpang Palang sebelum memasuki lokasi dari arah Pematang Siantar, saat ini jalan tidak dapat dilalui dan dihimbau agar kepada pengguna jalan yang akan ke Parapat untuk menunda keberangkatan atau berbalik arah.

Sat Lantas Polres Simalungun dipimpin langsung Kasat Lantas Simalungun AKP HENDRIK ND.BARUS SH., S.I.K berusaha melakukan upaya bersama anggota bekerja keras untuk mengatur kendaraan agar tidak terjadi antrian yang berlapis. Kasat lantas bersama dengan personel menghimbau kepada pengendara agar berbalik arah untuk mencari jalan alternatif sesuai dengan tujuan pengendara masing – masing. Hal ini dapat diterima oleh pengendara sehingga satu persatu kendaraan meninggalkan TKP tanah longsor.

Berdasarkan hasil koordinasi Kasat Lantas Simalungun dengan beberapa Kasat Lantas perbatasan pihak Polres Simalungun sudah berkomunikasi kepada Kasat Lantas Siantar agar menghimbau pengendara untuk mengalihkan kendaraan yang datang dari arah siantar dapat melalui Simpang Dua lanjut Kab. Dairi dengan tujuan Tobasa- Taput, juga disampaikan dan diberitahukan kepada Kasat Lantas Tobasa dan Taput agar arus lalin diarahkan melalui Simpang Dolok Sanggul untuk kendaraan tujuan Medan.

Kapolres Simalungun AKBP m.Liberty Panjaitan, S.I.K.,M.H., bersama Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Hendrik Situmorang,MM juga turut turun kelapangan untuk mengatur sisa – sisa kendaraan yang masih menunggu pengerjaan dan pembersihan lumpur. Selama evakuasi berlangsung masyarakat menyaksikan dan berharap akses jalan dapat dibuka.

Tidak adanya fasilitas alat berat untuk mengangkut material lumpur yang longsor sehingga pihak Polres Simalungun dalam hal ini berkoordinasi dan bekerja sama dengan PT. BIMA KARSA KALLA GRUP untuk mengangkut dan mengeser material lumpur akibat longsor tersebut.

Sebanyak 2 unit alat berat doser dan 1 unit alat berat eskapator turun ke lokasi longsor hingga pukul 23.30 wib masih bekerja keras untuk membuka akses jalan yang tertimbun material lonsor tersebut. Diperkirakan nantinya pada pukul 01.00 wib tumpukan material longsor yang sempat membuat akses jalan lumpuh total berhasil dibuka dan dapat dilalui kendaraan.

Personil Sat Lantas Polres Simalungun yang berjaga dilokasi dalam pengaturan dan pengamanan arus lalin mengantisipasi kemacetan sehingga arus lalin dapat dilalui oleh kendaraan dengan lancar

Pada Pukul 01.30 Wib Kasat Lantas Polres Simalungun secara langsung memberikan arahan bahwa Jalan akan dibuka untuk dilalui Kenderaan yang datang dari arah Tobasa menuju Siantar dibuka dengan menggunakan satu arah dengan sistem buka tutup.

Pukul 02.30 Wib semua kenderaan yang menunggu disebelah kanan jalan sudah bergerak baik kenderaaan yang datang darai arah Pematangsiantar menuju Tobasa dan kenderaan yang datang dari arah Tobasa menuju Pematangsiantar Situasi arus lalin aman dan lancar dengan di lakukan penjagaan berjajar oleh personil Sat Lantas Polres Simalungun.

Pukul 03.00 Wib Kasat Lantas Polres Simalungun memberikan APP cara bertindak dan Pola Pengamanan kepada personil yang melakukan penjagaan arus lalu lintas di Jembatan Sidua – dua Kec.Gir.Sip.Bolon Kab.Simalungun.

Hingga saat ini situasi terkini arus lalin di Jalan Parapat Jembatan Sidua – dua Kec.Girsang Sipangan Bolon Kab.Simalungun aman dan lancar dan dilakukan penjagaan pengaturan arus lalu lintas dengan berjajar untuk menghindari kemacetan.

Upaya penanganan bencana alam longsor yang menimbun Jembatan Sidua – dua Kec.Gir.Sip.Bolon Parapat Kab.Simalungun ini sebagai pertanggungjawaban dalam pelaksanaan tugas dan untuk menetukan kebijakan pimpinan lebih lanjut.

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *