Polres Simalungun Bersama Jajarannya Melakukan Pengamanan Bencana Longsor Susulan Jalan Lintas Parapat Polres Simalungun Bersama Jajarannya Melakukan Pengamanan Bencana Longsor Susulan Jalan Lintas Parapat
polressimalungun. Kegiatan Pembersihan Material Longsor yang menimbun Jembatan Sidua-dua Parapat Nagori Sibaganding Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun. Kamis (03/1/2019) Pukul 08.20 Wib Alat... Polres Simalungun Bersama Jajarannya Melakukan Pengamanan Bencana Longsor Susulan Jalan Lintas Parapat

polressimalungun. Kegiatan Pembersihan Material Longsor yang menimbun Jembatan Sidua-dua Parapat Nagori Sibaganding Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun. Kamis (03/1/2019) Pukul 08.20 Wib Alat Berat dari PT. TPL, PT. BUMI KARSA, Balai Besar Jalan dan Jembatan, dan Mobil Tangki Air dari LHK Magalagni Simalungun berada dilokasi longsor Jembatan Sidua dua Parapat. Kemudian melanjutkan Pembersihan material longsor yang Menimbun Jembatan Sidua dua.

Untuk antisipasi hal yang tidak di inginkan Kabag Ops Kompol Hendrik Situmorang, MM, Kapolsek Parapat AKP Bambang Priyatno, S.Sos, Kasat Binmas Y Sinulingga, KBO Sabhara, Kanit Patroli Ipda Rizal bersama Personil Sat Lantas dan Sabhara melakukan Pengamanan, Pengaturan lalu lintas dan Public Address di lokasi Longsor Jembatan Sidua dua.

Arus Lalin dari arah Kab. Tobasa menuju Siantar diberlalukan system buka tutup guna antisipasi antrian panjang, namun untuk dari arah Siantar menuju Parapat tetap menggunakan jalur alternatif Simp Palang – Simp Sitahoan baik dihimbau secara langsung maupun menggunakan akun sosial media Humas Polres Simalungun kepada masyarakat pengguna jalan.

Personil Sat lantas dan Petugas Dari PT. TPL berada di atas bukit seputaran titik longsor untuk memantau perkembangan, sehingga bisa cepat memberikan informasi kepada petugas yang berada dibawah, guna meminimalisir kerawanan bagi petugas alat berat saat bekerja.

Tepatnya pada pukul 12.05 Wib terjadi kembali longsor susulan namun tidak ada ada korban jiwa, Personil Polres Simalungun dan jajarannya terus meningkatkan pengamanan dilokasi Longsor Jembatan Sidua-dua Parapat, sementara ini alat berat terhenti melakukan pembersihan. Menunggu keadaan Lokasi aman untuk dikerjai kembali.

Bencana Longsor susulan di Bukit Hulu Bangun Dolok pada Kamis 03/1/2019 pukul 12.05 wib mencapai setinggi pinggang orang dewasa tertimbun tanah longsor dan material lainnya yang mengakibatkan jembatan Sidua-dua Km.1-2 Parapat tertutup timbunan tanah longsor oleh karenanya Polres Simalungun dengan cepat melakukan pengamanan dilokasi.

Petugas Kepolisian yang berjaga dilokasi bekerja keras memberikan himbauan bagi pengguna jalan agar kembali memutar arah ke Kota Parapat guna mencari tempat kantung parkir yang nyaman untuk beristirahat dan atau melalui jalur alternatif yang lebih baik.

Bagi Pengendara Sepeda Motor diarahkan melalui jalur perairan danau dengan Kapal Kayu dari Pantai Bebas menuju Sualan Nagori Sibaganding.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa longsor susulan tersebut dan kerugian materil belum dapat ditaksir.

Polres Simalungun tetap melakukan tindakan dengan cek dan amankan TKP, Pengamanan dan pengaturan Lalin di lokasi kejadian dan depan Mako Polsek Parapat sekaligus menghimbau pengguna jalan agar memutar arah untuk mencari kantung parkir atau beristirahat yang nyaman dan atau melalui jalur alternatif yang lain.

Dalam himbauan Polres Simalungun tidak memberikan akses kendaraan yang dari arah Tobasa-Siantar melalui simpang Sitahoan – Simpang Palang dikarenakan tanjakan yang terlalu tinggi, hal ini untuk menjaga keselamatan bersama dan kelancaran pengendara sekaligus mobil jenis Sedan juga dilarang untuk melintas dari jalur alternatif tersebut yang nantinya tidak menutup kemungkinan akan nyangkut sehingga mengakibatkan terhambatnya kendaraan lainnya.

Mobil roda 6 yang bermuatan berat juga dihimbau agar tidak melalui jalur alternatif karena dikwatirkan akan berdampak terhadap kondisi jalan, namun apabila kendaraan gardang dua yang mampu dan terbiasa melalui jalan tersebut dipersilahkan. Untuk Jalur Alternatif dapat juga melalui Sigura-gura Porsea Tembus Ke Kab. Asahan atau menggunakan jalan arah Tele. Untuk Pengguna Jalan Dari Arah Siantar menuju Parapat Dan Tobasa menggunakan Alternatif Simpang Palang – Simpang Sitahoan.

Rencananya Polres Simalungun berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempercepat melakukan evakuasi material longsor yang menutupi badan jalan jembatan dan mengurai penumpukan kendaraan dengan mengarahkan ke tempat kantung parkir juga melakukan pengamanan dan pengaturan Lalu lintas di sepanjang penumpukan kendaraan bermotor yang akan melintas.

***humas/bagops/simal***

admin