POLRES SIMALUNGUN BERSAMA EFARINA TV ADAKAN CAR FREE DAY DENGAN TEMA ” SAVE DANAU TOBA “. POLRES SIMALUNGUN BERSAMA EFARINA TV ADAKAN CAR FREE DAY DENGAN TEMA ” SAVE DANAU TOBA “.
polressimalungun. Antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan Car Free Day yang diadakan Polres Simalungun bersama Efarina TV di Pantai bebas Parapat Kab. Simalungun membawa fenomena... POLRES SIMALUNGUN BERSAMA EFARINA TV ADAKAN CAR FREE DAY DENGAN TEMA ” SAVE DANAU TOBA “.

polressimalungun. Antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan Car Free Day yang diadakan Polres Simalungun bersama Efarina TV di Pantai bebas Parapat Kab. Simalungun membawa fenomena baru di kawasan peraiaran Danau Toba. Minggu (12/08/2018).

Pelaksanaan car free day yang dilaksanakan di lapangan Pantai Bebas Parapat Kab.Simalungun yang mengambil tema ” Save Danau Toba ” merupakan misi awal dalam kegiatan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) yang dilaksanakan disepanjang Jalan SM. Raja Parapat hingga Jalan Kol.TPR Sinaga – Jalan Marihat memutari Open Stage Parapat depan Inna Hotel Parapat Kab.Simalungun yang dihadiri oleh artis Ibu Kota Jakarta yaitu DONI KUSUMA, YURIKE PRASTIKA, EMMA WAROKA, NIA, UCHI dan MUMU.

Salah satu inisiator car free day (CFD) ” Save Danau Toba “, yaitu Polres Simalungun bekerja sama dengan Efarina TV, mencoba mengingatkan kembali kepada masyarakat mengenai tujuan awal car free day yang merupakan salah satu kegiatan pembentuk character building untuk mengurangi pencemaran udara, mengurangi kemacetan, dan untuk penghematan BBM serta pola hidup sehat.

Kapolres menceritakan, CFD yang dilaksanakn di Parapat ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Kab. Simalungun dan rencananya akan dilaksanakan tiap minggunya secara bergatian. Kapolres menambahkan, kegiatan car free day ini dilatarbelakangi dengan kondisi yang tidak kalah penting juga dengan adanya kejadian yang lalu, tentang tenggelamnya kapal sinar bangun sehingga pengunjung di seputaran wisata peraiaran danau toba drastis berkurang, oleh sebab itu kegiatan ini juga menjadi salah satu misi untuk menarik perhatian wisatawan agar tidak takut datang ke danau toba khususnya ke kota wisata Parapat Kab.Simalungun.

Juga kita lihat bahwa tingkat polutan yang kita saksikan semakin tinggi menandakan kualitas udara yang dihirup semakin menurun. Kondisi itupun diperparah dengan booming-nya fenomena sepeda motor, yang dimulai beberapa tahun lalu, membuat kota-kota bukan lagi disinggahi manusia, melainkan kendaraan. ” Maka dengan diawalinya kegiatan ini, kalau kita enggak melakukan sesuatu, pencemaran udara akan terjadi sedemikian rupa, tambah Kapolres.

Acara senam bersama yang berlangsung mulai pukul 06.30 Wib s/d pkl 09.30 wib tersebut selain menumbuhkan minat masyarakat agar gemar berolah raga, menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani maupun rohani juga bertujuan untuk menggugah masyarakat agar cinta dan mengagumi keindahan, kesejukan alam Danau Toba, serta mempromosikan kembali objek wisata danau toba (kota parapat dan sekitarnya) agar semakin dikenal oleh masyarakat luas baik turis lokal maupun domestik , dimana program ini merupakan progam pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar objek wisata danau toba yang secara otomatis nantinya dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan ke daerah objek wisata danau toba yang akhir-akhir ini jumlah pengunjung sudah mulai berkurang.
Antusias masyarakat yang hadir dalam giat olah raga bersama “CAR FREE DAY” ini mencapai hingga 10.000 orang yang terdiri dari berbagai kabupaten dan kota, yang langsung dihadiri bapak Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaian S.I.K, M.H., Bupati Simalungun bapak Dr. JR. Saragih, S.H., M.M., Wakil bupati Simalungun bapak Ir. Amran Sinaga M.Si., Dandim 0207 Simalungun Kolonel Inf. Robinson Tallupadang, SIP.,MH, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Sekda Kab. Simalungun Drs Gideon Purba, Asisten I Pemkab Simalungun Drs Marolop Silalahi, PJU Polres simalungun, Ketua Bayangkari Cab. Simalungun Ibu Gloria Uliningtyas Lyberty.

Kegiatan demi kegiatan tersebut diikuti seluruh Perwira, bintara dan ASN Polres Simalungun, Personil Jajaran Kodim 0207 Kab. Simalungun beserta ibu persit, Masyarakat sekitar kota Parapat, Pengunjung Objek wisata danau toba, Unsur OKP, Personil Polres Batu bara, Polres Asahan, Polres Tapanuli Utara, Pelajar se Kabupaten Simalungun, dan peserta olah raga tersebut dilepas langsung oleh Kapolres Simalungun untuk melaksanakan gerak jalan bersama dari Pantai bebas mengelilingi objek wisata kota parapat (Open stage parapat).

Kapolres Simalungun yang memprakarsai kegiatan car free day inipun mendapat apresiasi dari unsur FORKOPIMDA Simalungun yang memberikan perhatian ke Danau toba yang merupakan salah satu destinasi wisata. Dan disponsori/didukung dan dimeriahkan oleh Efarina TV, Inna parapat Hotel, Hotel Sapadia,Niagara hotel, Parapat view hotel, Patrajasa comfrort hotel, PTPN III, PTPN IV, Kodim 0207 Simalungun.” Semoga kita mendukung kemajuan objek wisata danau toba untuk meningkatkan kemajuan dan pendapatan masyarakat.” Ujar Wakil Bupati Simalungun bapak Ir. Amran Sinaga, M.Si.

Usai kegiatan tersebut masyarakat menyambut positif dengan diadakannya Car free day ini. ” Saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut karena hal ini berdampak positif terhadap promosi objek wisata danau toba, untuk meningkatkan pengunjung objek wisata danau toba.” ujar Ira. (salah satu pemilik Rumah Makan di Kota Parapat).

Acara berlangsung aman dan lancar dan harapan Kapolres kiranya kegiatan ini dapat menciptakan kualitas udara yang lebih baik dan masyarakat dapat mengurangi ketergantungan terhadap kendaraan bermotor. Dengan demikian, perbaikan kualitas udara pun terasa, minimal di lokasi CFD ini dan masyarakat dapat sadar untuk memilih mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dalam beraktivitas dan beralih ke angkutan umum. “Masyarakat kita bisa memilih, mau car free day atau car everyday,”.

**humas/bagops/simal**

video Kegiatan Car Free Day Save Danau Toba

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *