KAPOLRES SIMALUNGUN HADIRI SOSIALISASI PERUNDANG-UNDANGAN PILGUBSU TAHUN 2018 KAPOLRES SIMALUNGUN HADIRI SOSIALISASI PERUNDANG-UNDANGAN PILGUBSU TAHUN 2018
polressimalungun-Selasa (30/1-2018) pukul 08.30 wib berlangsung acara Sosialisasi Perundang-undangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Tahun 2018 di Hotel Patra Comfort Parapat Kecamatan Girsang... KAPOLRES SIMALUNGUN HADIRI SOSIALISASI PERUNDANG-UNDANGAN PILGUBSU TAHUN 2018

polressimalungun-Selasa (30/1-2018) pukul 08.30 wib berlangsung acara Sosialisasi Perundang-undangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Tahun 2018 di Hotel Patra Comfort Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun yang diikuti oleh peserta sosialisasi seluruh anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se Kabupaten Simalungun dan Komisioner KPU Kabupaten Simalungun.

 

Pelaksanaannya dihadiri oleh Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, S.IK, MH, Ketua KPU Kabupaten Simalungun Adelbert Damanik, ST, Komisioner KPU Kabupaten Simalungun Puji Rahmad Harahap, SPd, Dadang Yusprianto, SH, Ramadhani Isni Damanik, SH dan pegawai sekretariat KPU Kab. Simalungun, Kasat Intelkam Polres Simalungun AKP R. Sihotang, Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Damos C. Aritonang, S.IK dan Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Asmon Bufitra, SH.

Dalam sambutan, Kapolres Simalungun juga menyampaikan materi tentang Tindak Pidana Pemilu dan Situasi Kamtibmas. Kapolres menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Simalungun sedang menjadi sorotan karena salah satu calon Gubernur berasal dari Kabupaten Simalungun. Diharapkan anggota PPK jangan mau diarahkan dan mengarahkan untuk memihak salah satu calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Tahun 2018.

 

Lanjut Kapolres, pada Pemilu 2018 nantinya Kabupaten Simalungun hanya melaksanakan Pilgubsu, sehingga Polres Simalungun akan lebih maksimal dalam mensukseskan dan mengamankan Pilgubsu 2018 khususnya di wilayah Kabupaten Simalungun. “Polri, khususnya Polres Simalungun akan menjaga Netralitas dan siap mengamankan Pilgubsu 2018 di Kabupaten Simalungun.” Ungkap Kapolres Simalungun.

 

Maksud dan tujuan dari pemberian materi Tindak Pidana Pemilu dan situasi kamtibmas tersebut adalah untuk memberikan gambaran tentang penegakan hukum guna memantapkan situasi dan kondisi kamtibmas dalam rangka Pilkada 2018 khususnya di wilayah Kabupaten Simalungun, serta sebagai sumbang saran kepada penyelenggara dan pengawas pemilu serta peserta pemilih sehingga pelaksanaan pilkada Tahun 2018 benar-benar sesuai azas penyelenggara Pemilu.

 

Sementara Ketua KPU Kabupaten Simalungun Adelbert Damanik, ST, yang mewakili akademisi (Ulamatuah Saragih, MH) menyampaikan tentang beberapa penjelasan, antara lain :

– Tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

– Titik rawan pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu kada : Tahapan Pencalonan (baik melalui partai politik maupun yang dari jalur perseorangan) : Ijazazah Palsu, Kepengurusan Partai yang dualisme. Tahapan Kampanye : Money politik, pelanggaran etika dalam kampanye, penggunaan fasilitas negara, kampanye negative. Tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara.
Manipulasi penghitungan dan reakpitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten/ Kota dan KPU Provinsi.

– Pelanggaran-Pelanggaran yang ada dalam Pemilu Kada (Pidana, Administrasi, Etik, dan Sengketa).

– Untuk hal-hal teknis yang lebih terperinci nantinya akan dilaksanakan bimbingan teknis (bimtek).

 

Sebelum menutup acaranya, ketua KPU Kabupaten Simalungun menekankan kepada anggota PPK agar tetap berkoordinasi dengan Komisioner KPUD Kabupaten Simalungun dalam mengambil keputusan, agar nantinya PPK tidak salah dalam mengambil keputusan.

 

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *