polressimalungun-Kapolda Sumatera Utara IRJEN POL Dr. H. RYCKO AMELZA DAHNIEL, M.Si bersama Ibu Ketua Bhayangkari daerah Sumatera Utara Tiba di Mapolres Simalungun Jl. Jon...

img_0092 img_0094

polressimalungun-Kapolda Sumatera Utara IRJEN POL Dr. H. RYCKO AMELZA DAHNIEL, M.Si bersama Ibu Ketua Bhayangkari daerah Sumatera Utara Tiba di Mapolres Simalungun Jl. Jon Horailam Saragih Nomor 110 Pematang Raya Kabupaten Simalungun. Selasa (22/11-2016) pukul 15.55 wib dalam rangka kunjungan kerja beserta rombongan Pejabat Utama Polda Sumut beserta ibu. Kapolda Sumut dan rombongan disambut oleh Kapolres Simalungun AKBP YOFIE GIRIANTO PUTRO, S.IK.

img_0084 img_0088 img_0107

Selanjutnya Kapolda Sumut IRJEN POL Dr. H. RYCKO AMELZA DAHNIEL, M.Si menerima Hormat jajar dari personil Sat Sabhara Polres Simalungun dan disambut oleh para Pejabat Utama Polres Simalungun diikuti para Kapolsek jajaran Polres Simalungun. Kapolda Sumut, transit sejenak di ruang kerja Kapolres Simalungun. Kemudian melaksanakan Sholat Ashar berjamaah dengan Personil Polres Simalungun dan Personil Kodim 0207/ Simalungun. Wakapolres Simalungun KOMPOL ZAINUDDIN, S.Ag, bertindak sebagai Imam sekaligus memberikan Tausiah “Kewajiban Muslim melaksanakan Sholat”.

img_0135

Sekira pukul 16.30 wib, Kapolda Sumut memberikan pengarahan kepada seluruh personil dan ASN Polres Simalungun didampingi para Pejabat Utama Polda Sumut dan Kapolres Simalungun beserta Pejabat Utama Polres Simalungun.

img_0119

Sebelum Kapolda Sumut memberikan pengarahan, terlebih dahulu Kapolres Simalungun AKBP YOFIE GIRIANTO PUTRO, S.IK memaparkan tentang situasi wilayah Hukum Polres Simalungun serta segala kegiatan yang telah dilaksanakan dan juga beberapa terobosan inovatif yang dibentuk oleh Polres Simalungun.

img_0124

Kapolres Simalungun, dalam paparannya menjelaskan bahwa kegiatan sambang masyarakat/ safari kamtibmas telah aktif dilakukan oleh personil Polres Simalungun dan pelaksanaannya dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun. Kapolres Simalungun juga menjelaskan beberapa terobosan inovatif yang telah dibentuk oleh Polres Simalungun, dalam hal pelayanan masyarakat, antara lain :

Inovasi pada pelayanan Sat Lantas Polres Simalungun, terdiri dari :

– FIFO (FIRST IN FIRST OUT)_(PERTAMA MASUK DAN PERTAMA KELUAR).

Ini merupakan sebuah abstraksi yang berhubungan dengan cara mengatur dan memanipulasi data relatif terhadap waktu dan prioritas. Program ini menggambarkan prinsip teknik pengolahan antrian atau melayani permintaan berdasarkan perilaku first-come, first-served (FCFS) : dimana orang-orang antri dalam urutan mereka tiba atau menunggu giliran di sebuah sinyal kontrol Lalu Lintas.

– IKM (INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT).

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Sehingga bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.

SP2HP ONLINE.

Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) merupakan hak bagi pelapor. Dalam hal menjamin akuntabilitas dan transparansi penyelidikan /penyidikan, penyidik wajib memberikan SP2HP kepada pihak pelapor baik diminta atau tidak diminta secara berkala. Dalam hal ini, masyarakat (pelapor) dapat mengakses langsung proses penyidikan laporan/ pengaduannya di media elektronik.

AFIS (AUDIO VISUAL INTERGRATED SYSTEM).

Program ini merupakan cara menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual pada pelayanan pembuatan SIM di Sat Lantas Polres Simalungun.

– PERPUSTAKAAN MINI.

Ini merupakan ruangan, bagian dari gedung/ bangunan yang berisi buku-buku koleksi yang diatur dan disusun sedemikian rupa, mudah dipergunakan oleh masyarakat pada saat menunggu pembuatan SIM di Sat Lantas Polres Simalungun.

– WEBSITE POLRES SIMALUNGUN.

Program ini merupakan sarana komunikasi dalam menyiarkan informasi giat-giat Kepolisian yang terjadi di lingkup Polres Simalungun dan jajarannya sekaligus sebagai respon Polres Simalungun terhadap perkembangan dinamika informasi yang terus mengalir dan berkembang secara cepat dari waktu ke waktu pada setiap saatnya.

BOS (BHABINKAMTIBMAS ONLINE SIMALUNGUN).

Ini adalah aplikasi monitoring sekaligus pelaporan online anggota kepolisian yang dimasudkan untuk membangun komunikasi dua arah antara pimpinan dan Anggota Bhabinkantibmas di Lapangan. Aplikasi ini dibangun untuk mendukung  intruksi kapolri tentang program PROMOTER yaitu Profesional Modern Dan Terpercaya terutama inovasi kepolisian yang berbasis IT. Tujuannya adalah mengetahui secara cepat dan realtime tentang masalah yang ada di wilayah, dapat juga bertatap muka dengan masyarakat secara online. Selain itu, program ini juga membantu Pimpinan mengetahui posisi anggotanya yang berada di wilayah dan juga mengantisipasi kerawanan yang terjadi sehingga dapat secara cepat melakukan keputusan cara bertindak serta mempercepat informasi kepada anggota karena dengan satu aplikasi dapat mengirimkan massage, foto secara broadcast.

img-20161122-wa0125

Kemudian Kapolda Sumut dalam arahan dan bimbingannya, menekankan seluruh personil untuk menjaga Kamtibmas, mengamankan, menertibkan dan melayani Masyarakat. Kapolda Sumut menyampaikan bahwa, saat ini ada 4 Pilar Kekuatan yaitu Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan Media.

img_0134

Kapolda Sumut menyampaikan pesan kepada seluruh personil agar menjadi Polisi yang hakiki, tetap meningkatkan ketaqwaan, Jaga Kehormatan/ nama baik/ Profesionalisme, Asah kemampuan dan dekati/ datangi Masyarakat serta dengarkan keluhannya.

img_0143

img_0191

Kapolda Sumut juga tidak lupa memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolres Simalungun AKBP YOFIE GIRIANTO PUTRO, S.IK atas segala terobosan-terobosan inovatif yang sudah dibentuk dan dilaksanakan. Di akhir sambutannya, Kapolda Sumut mencoba inovasi BOS dengan berbincang langsung kepada salah seorang Personil Bhabinkamtibmas yang berada di lapangan.

img-20161123-wa0052 img_0159 img_0155 img_0152

Sebelum tiba di Mapolres Simalungun, Kapolda Sumut terlebih dahulu menghadiri launching dan peresmian program inovasi yang ada di Kantor Sat Lantas Polres Simalungun antara lain FIFO (FIRST IN FIRST OUT)_(PERTAMA MASUK DAN PERTAMA KELUAR), IKM (INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT), AFIS (AUDIO VISUAL INTERGRATED SYSTEM) dan PERPUSTAKAAN MINI.

img-20161122-wa0127 img-20161123-wa0055

kemudian Rombongan Kapolda Sumut mengunjungi Mako Polsek Panei Tongah Resor Simalungun dan diterima oleh Kapolsek Panei Tongah AKP Drs. NATANAEL PANJAITAN, selanjutnya melakukan pengecekan kondisi kesiapan Mapolsek, asrama dan personil. Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sumut memberikan alat alat kebersihan dan menyampaikan agar personil polsek Panei Tongah tetap mempertahankan kebersihan.

img-20161122-wa0067

Kunjungan dilanjutkan ke Kantor Bupati Simalungun dan disambut oleh Bupati Simalungun DR. JR. SARAGIH, SH, MM dengan menyematkan pakaian Adat Simalungun oleh Partuha Maujana Kabupaten Simalungun, selanjutnya melakukan TATAP MUKA dengan Unsur FORKOPINDA, TOGA, TOMAS, TODAT, TODA DAN PARA SKPD dilingkungan Pemkab Simalungun, bertempat di Ruang Harungguan Djabanten Damanik Pemkab. Simalungun.

img-20161122-wa0089

Kegiatan dihadiri Bupati Simalungun DR. JR. SARAGIH, SH, MM, Kapolres Simalungun AKBP YOFIE GIRIANTO PUTRO, S.IK, Danrem 022/ Pantai Timur KOL. GABRIEL LEMA, Dan Rindam I Bukit Barisan, Dandim 0207/ Simalungun LETKOL INF ONI KRISTIYONO GOENDONG, SH, Sekda Kabupaten Simalungun Drs. GIDION PURBA, MSi, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Pejabat Utama Polres Simalungun dan Para Kapolsek jajaran Polres Simalungun, Pejabat Utama, Pimpinan SKPD, Camat dilingkungan Pemkab. Simalungun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda Kabupaten Simalungun.

img_0232 img_0249 img_0260

Sebelum meninggalkan Kabupaten Simalungun, Kapolda Sumut dan rombongan menyempatkan untuk mengunjungi Makodim 0207/ Simalungun. Dalam kunjungan ini, Kapolda Sumut beserta ibu memberikan tali asih kepada jajaran Kodim 0207/ Simalungun. Acara berakhir ditandai dengan berfoto bersama prajurit Kodim 0207/ Simalungun. Seluruh rangkaian kegiatan kunjungan kerja Bapak Kapolda Sumut berakhir pada pukul 17.45 wib dan berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif.

 

 

 

img_0241 img_0275 img_0294

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *