BERITA TERKAIT PENANGKAPAN KASUS NARKOBA YANG DIUNGKAP POLSEKTA TANAH JAWA BERITA TERKAIT PENANGKAPAN KASUS NARKOBA YANG DIUNGKAP POLSEKTA TANAH JAWA
polressimalungun-Sehubungan dengan adanya berita yang beredar di salah satu media online (LasserNewsToday.com) yakni “Lapor Pak Kapoldasu, 6 Orang Tersangka Kasus Narkoba diduga akan dilepas-86”... BERITA TERKAIT PENANGKAPAN KASUS NARKOBA YANG DIUNGKAP POLSEKTA TANAH JAWA

polressimalungun-Sehubungan dengan adanya berita yang beredar di salah satu media online (LasserNewsToday.com) yakni “Lapor Pak Kapoldasu, 6 Orang Tersangka Kasus Narkoba diduga akan dilepas-86” yang diupload pada hari Sabtu (09/2-2019) tidak benar.

Berita yang menyebutkan bahwa adanya 6 Orang Tersangka Kasus Narkoba yang diungkap Polsekta Tanah Jawa diduga akan di “86” atau dilepas. Berita tersebut tidaklah benar, dimana saat dikonfirmasi ke pihak Polsekta Tanah Jawa bahwa rangkaian pengungkapan kasus tersebut adalah benar dimana pada hari Rabu (06/2/2019) sekira pukul 16.30 Wib di Areal tepi sungai Tongguran Nag. Tanjung Pasir. Kecamatan Tanah Jawa Kab. Simalungun unit Reskrim Polsekta Tanah Jawa berhasil mengungkap kasus Narkotika jenis ganja dengan enam orang tersangka dan saat berita ini terbit keenam pelaku masih dalam proses penyidikan.

Keenam tersangkanya masing-masing berinisial (DMPR), laki-laki, 21 Tahun, warga Huta Sampe Nauli II. Nag. Jawa Tongah Kec. Hatonduhan Kab. Simalungun, (SJH), laki-laki, 17 tahun, warga Huta Nipar Kel. Pem. Tanah Jawa. Kec. Tanah Jawa Kab. Simalungun, (RS), laki-laki, 16 Tahun, warga Huta Nipar Kel. Pem. Tanah Jawa Kec. Tanah Jawa Kab. Simalungun, (PYSN), laki-laki, 17 Tahun, warga Huta Nipar Kel. Pem. Tanah Jawa Kec. Tanah Jawa Kab. Simalungun, (ADM), laki-laki, 16 tahun, warga Huta Nipar Kel. Pem. Tanah Jawa. Kec. Tanah Jawa Kab. Simalungun, (RM), laki-laki, 33 tahun, warga huta Sirangaranga Nagori Jawa Tongah Kec. Hatonduhan Kab. Simalungun.

Selain keenam tersangka petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1/2 batang rokok Merk Sampoerna berisi diduga daun Ganja Kering.

Kapolsekta Tanah Jawa Kompol H. Panggabean, SH, melalui Kanit Reskrim Polsekta Tanah Jawa Iptu J. Sitinjak, SH.,M.H., menjelaskan bahwa pengungkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat yang menyatakan bahwa di Areal Tepi Sungai Tongguran Nag. Tanjung Pasir Kec. Tanah Jawa Kab. Simalungun ada sekitar 5 orang pria sedang berkumpul dan asyik menikmati Narkotika diduga Jenis Daun Ganja Kering.

Pihak Polsekta Tanah Jawa langsung menanggapinya dan mendatangi lokasi, setelah dilakukan serangkaian penyelidikan ternyata benar ditemukan kelima pria yang diduga sedang asyik menghisap / menikmati Narkotika jenis daun ganja kering. Saat dilakukan penangkapan salah seorang dari kelima pria tersebut sempat membuang sesuatu kedalam sungai namun tidak berapa jauh dari keenam pria tersebut tepatnya disekitar tempat duduk mereka ditemukan barang bukti berupa 1/2 batang rokok merk Sampoerna berisi diduga daun ganja kering.

Dan untuk proses penyidikannya kelima pria tersebut dibawa dan diamankan ke Mapolsekta Tanah Jawa.

Menurut keterangan kelima pelaku bahwa barang haram tersebut diperoleh dari (RM), kemudian petugas polsek langsung melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan (RM). Sedangkan barang buktinya sudah dikirimkan ke Lapfor Polri cabang Medan pada hari Jumat (8/2/2019).

Dari hasil penyelidikan diketahui juga bahwa penulis berita memperoleh informasi pada hari Jumat (8/2/2019) dimana pihak media mengkonfirmasi kepada Kanit Reskrim Polsekta Tanah Jawa pada hari Jumat (8/2/2019) pkl. 23.24 dan dibalas pada hari Sabtu (9/2/2019) pkl. 06.45 wib yang menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar.

Kelima pelaku ditangkap pada hari Kamis (6/2/2019) dikuatkan dengan Surat Perintah Prnangkapan dan pihak Polsekta Tanah Jawa sudah mengeluarkan Surat Perintah Penahanan terhadap kelima pelaku pada hari Kamis (7/2/2019).

Dari serangkaian penangkapan tersebut jelas bahwa Polsekta Tanah Jawa tetap melakukan penyidikan secara profesional sehingga pemberitaan tersebut layak dikatakan “ tidak benar “.

Dalam hal ini pihak lassernewstoday.com seharusnya perlu melakukan klarifikasi terkait maksud dan tujuan pemberitaannya. Pernyataan yang ada di dalam media tersebut sangatlah berlebihan dan telah menyesatkan publik bahkan hanya sebatas opini yang tidak tepat dari penulis semata yang mendapatkan informasi dari sumber yang tidak jelas, bukan lah fakta yang sebenarnya.

Diinformasikan bahwa media online LasserNewsToday.com di bawah kepemimpinan MARA SALEM HARAHAP kerap kali mendiskreditkan Polres Simalungun dalam segala hal dan sampai saat ini belum diketahui apa yang melatar belakangi penulis melakukan hal tersebut.

Selain itu, Pimpinan media ini juga diketahui sudah pernah divonis hukuman penjara oleh Pengadilan Negeri Simalungun terkait pemberitaan bohong tentang tindak pidana diduga setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan dan atau pencemaran nama baik melalui akun facebook (Kejahatan ITE) sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP / 23 / I / 2018 / SU Simal, tanggal 29 Januari 2018, dan perkaranya saat ini sedang banding di Pengadilan Tinggi Medan sesuai Nomor Perkara PT : 8 / Pid. Sus / 2019 / PT. MDN dan tanggal banding 4 Desember 2018.

Media tersebut juga sudah jelas tidak mengindahkan Pasal 5 Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers (UU Pers) dalam Pasal 6 butir (c) UU Pers, yang menyatakan “pers nasional mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar”. Hal ini juga sejalan dengan pasal 3 dari Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode Etik Jurnalistik yang menyatakan bahwa Wartawan Indonesia selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampur adukan fakta dan opini yang menghakimi serta menerapkan asas praduga tak bersalah. Sehingga pemberitaan yang diaksesnya melalui Informasi Elektronik sudah sangat jelas memiliki muatan pencemaran nama baik karena dapat menimbulkan rasa kebencian di tengah-tengah masyarakat.

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *