ADA BOM DI POLSEK PERDAGANGAN, PERSONIL LAKUKAN PENANGANAN TKP ADA BOM DI POLSEK PERDAGANGAN, PERSONIL LAKUKAN PENANGANAN TKP
polressimalungun-Senin (29/1-2018), tampak personil Polsek Perdagangan ramai berkumpul di halaman Mapolsek Perdagangan. Dikabarkan personil Polsek tengah melakukan penanganan TKP Bom.   Untungnya, hal tersebut... ADA BOM DI POLSEK PERDAGANGAN, PERSONIL LAKUKAN PENANGANAN TKP

polressimalungun-Senin (29/1-2018), tampak personil Polsek Perdagangan ramai berkumpul di halaman Mapolsek Perdagangan. Dikabarkan personil Polsek tengah melakukan penanganan TKP Bom.

 

Untungnya, hal tersebut hanya pelatihan dan simulasi “In House Training” Penanganan TKP Bom dan Pengenalan jenis-jenis bom rakitan yang bersifat Low Eksplosif yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan personil dalam hal penanganan TKP BOM untuk mengantisipasi kerugian jiwa dan material.

 

Kapolsek Perdagangan AKP Daniel A. Tambuan, SH, S.IK mengatakan, materi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan adalah Penanganan TKP BOM dan Pengenalan jenis-jenis bom rakitan yang bersifat Low Eksplosif yang bertujuan agar personil dapat mengetahui tindakan dasar yang harus dilakukan jika ada indikasi teror Bom.

Pelatihan yang dipimpin Kapolsek Perdagangan bersama Kanit Sabhara Iptu Marolop Sinaga tersebut memperkenalkan rangkaian Bom yang terdiri dari “PIES” (*Power/ tenaga, Inisiator/ pemicu ledakan, Explosive/ bahan peledak dan Switching/ saklar penghubung).

 

Dalam pelatihannya, kepada personil juga ditekankan tindakan yang perlu diperhatikan apabila menemukan ancaman BOM, yakni mengevakuasi terlebih dahulu manusia yang berada di dalam gedung atau di sekitar Bom berada dan petugas tidak boleh mengutak-atik Bom karena dapat berdampak terpicunya Bom akibat kesalahan penangangan.

 

“Kegiatan pelatihan berlangsung dengan baik dengan harapan personel Polsek Perdagangan dapat memahami bagaimana penangangan TKP Bom”. Jelas AKP Daniel.

 

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *