6 PELAKU DIRINGKUS SAT RESNARKOBA POLRES SIMALUNGUN 6 PELAKU DIRINGKUS SAT RESNARKOBA POLRES SIMALUNGUN
polressimalungun-Selasa (16/1-2018) sekitar pukul 08.00 wib, Sat Resnarkoba Polres Simalungun berhasil mengungkap peredaraan Narkoba hingga ke sarangnya. Berawal dari informasi yang diperoleh tentang adanya... 6 PELAKU DIRINGKUS SAT RESNARKOBA POLRES SIMALUNGUN

polressimalungun-Selasa (16/1-2018) sekitar pukul 08.00 wib, Sat Resnarkoba Polres Simalungun berhasil mengungkap peredaraan Narkoba hingga ke sarangnya. Berawal dari informasi yang diperoleh tentang adanya pengedar Narkotika jenis Sabu. Kemudian sekitar pukul 08.30 wib, petugas Sat Resnarkoba melakukan penyamaran dengan berpura-pura hendak membeli Sabu (Undervover Buy) melalui nomor Handphone yang sebelumnya sudah didapat, dicurigai sebagai pengedar Sabu.

 

Kasat Resnarkoba Polres Simalungun AKP MS. Ritonga, SH menjelaskan sekitar pukul 09.00 wib, petugas yang menyamar menghubungi nomor Handphone tersebut. Melalui pembicaraan yang dilakukan, petugas memesan Sabu seharga Rp. 500.000.-.

 

Pelaku langsung setuju dan mengajak petugas untuk bertemu melakukan transaksi di Jalan Asahan Km. 2 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun tepatnya di Simpang Perumahan BAS.

 

Merasa umpan sudah ditangkap, petugas segera bergerak ke lokasi bersama rekan petugas lainnya, dengan berpencar dan memantau dari sejumlah titik di sekitar lokasi. Tak lama, orang yang ditunggu tiba. Ia langsung menghampiri petugas yang menyamar dan langsung melakukan transaksi.

 

Kemudian petugas lainya langsung mengamankan laki-laki tersebut bersama dengan Sabu miliknya. Namun saat akan diamankan, pria tersebut mencoba melawan dan berusaha membuang sesuatu dari tangan kanannya dan setelah diperiksa, yang dibuang laki-laki tersebut adalah 1 buah plastik klip diduga berisi Sabu.

Setelah diinterogasi, ia mengaku bernama Syafii (45), Tukang Bengkel, Warga Jalan Pesantren Darusallam Kelurahan Martoba Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematangsiantar. Kemudian pada sore harinya, sekitar pukul 16.00 wib, kembali dilakukan pengembangan terhadap Rio Exaudi Tambunan (30), Warga Jalan Kasat nomor 8A Kelurahan Bukit Sofa Kecamatan Sitalasari Kota Pematangsiantar.

Saat di rumah Rio, di dalam rumah ditemukan dan diamankan 3 pria dan 2 orang wanita. Lalu dari hasil penggeledahan yang dilakukan bersama Ketua RT setempat, dari dalam salah satu kamar yang dihuni seorang pria yang mengaku anggota TNI Kodim Nias “B” (38), berpangkat Kopda Nrp 3010023210780, Warga Jalan Asrama Kompi 125 Sibisa Kelurahan Paindoan Kecamatan Balige ditemukan sejumlah barang bukti berupa 1 bungkus plastik klip kecil diduga berisi Sabu, 1 bungkus koran diduga berisi Ganja (paket Rp. 50 ribu), 1 buah kaca pirex diduga berisi sisa Sabu, 1 set alat isap Sabu (Bong) dan 1 buah mancis dengan jarum.

 

Selain itu ditemukan 1 unit Handphone merek Samsung lipat warna putih dan 1 unit Handphone merek Oppo. Kemudian dari dalam kamar Rio, ditemukan 1 bungkus plastik klip sedang diduga berisi Sabu yang terdapat dari atas meja di balik taplak meja, 3 bungkus plastik klip besar diduga berisi plastik klip kosong, 8 buah pipet dan 1 buah mancis dari dalam laci meja.

 

Ditemukan juga 8 buah pipet, 2 buah kartu ATM BRI, 1 buah kartu ATM BCA, 1 buah kartu ATM BNI, 1 buah kartu ATM Sinar Mas, 1 buah kartu Alfamidi, 1 buah kartu ATM atas nama Rio, 1 buah SIM A atas nama Rio, 1 buah buku tulis dan 1 unit Handphone merk Nokia.

 

Akibat adanya oknum anggota TNI, pihak Denpom langsung dihubungi. Kemudian anggota Denpom dan anggota TNI dari Koramil tiba di lokasi dan berkoordinasi dengan Kasat Resnarkoba Polres Simalungun. Terhadap oknum anggota TNI tersebut beserta barang bukti dan seorang perempuan bernama Cellin  (24), Warga Jalan Medan Km. 4 Kota Pematangsiantar, diserahkan ke Denpom Pematangsiantar untuk dilakukan pemeriksaan dan nantinya akan diserahkan kembali ke Sat Resnarkoba Polres Simalungun.

 

Sementara Rio dan “AAS” (18), Warga Jalan Patroli Kota Pematangsiantar yang masih berstatus pelajar beserta Ayu (22), Warga Jalan Teratai nomor 65 Kelurahan Bukit Sofa Kecamatan Siantar Sitalasari Pematangsiantar diamankan ke Sat Resnarkoba Polres Simalungun bersama barang bukti lainnya berupa sepeda motor Honda Vario dan Yamaha Tipe R 15.

 

***humas/bagops/simal***

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *